Selasa, 17 Juni 2014

Banyak Anggota tapi Satu Tubuh



Film Robocop yang baru saja rilis February 2014 memiliki beberapa hal yang menarik. Saya tidak akan menceritakan film ini kembali, saya hanya akan mengambil suatu hal yang menarik dari film ini. Diceritakan bahwa detektif Murphy (Robocop) mengalami kecelakaan berat yang mengakibatkan seluruh organ tubuhnya rusak, kecuali kepala dan jantungnya. Namun dia tetap dapat beraktifitas karena didukung oleh tangan, kaki, dan tubuh yang lengkap dan saling terhubung. Kepala dari Detektif Murphy mampu menggerakkan dan mengendalikan keseluruhan tubuh palsunya tersebut, bahkan menjadikan tubuhnya lebih kuat dari sebelumnya.

Dari cerita singkat di atas, dapat menggambarkan betapa pentingnya kepala. Tubuh yang terpisah dan tidak terintegrasi dengan baik dapat dikendalikan oleh kepala. Sebagai orang percaya, tentunya kita tidak asing dengan ungkapan bahwa Kristus adalah kepala dan kita tubuh-Nya. Bila kita sulit mengumpamakannya, anda dapat membayangkan hal perumpamaan Robocop tersebut.

Kolose 1:18
Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Efesus 1:22-23
Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

Tuhan Yesus adalah kepala dan kita adalah tubuh-Nya. Sebagai tubuh-Nya tentu kita harus mendukung apa yang diperintahkan oleh kepala. Sebab jika tubuh bergerak atas kemauannya sendiri, tidak akan ada hasil yang akan tercapai. Setiap bagian tubuh memiliki egois masing-masing, dan hal ini harus disingkirkan agar tidak menghalangi tujuan dari sang Kepala.

Dalam film Robocop tersebut juga diperlihatkan saat setiap anggota tubuh dilepas dari kepala detektif Murphy, yang terjadi adalah tangan, kaki, dan bagian tubuh yang tidak terhubung dengan kepala tersebut hanyalah sebuah bongkahan besi yang tidak berguna. Tidak ada tujuan yang harus dicapai oleh setiap anggota tubuh tersebut. Seperti itulah keadaan setiap orang percaya yang tidak mau terhubung dengan Kepala rohani kita, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Kita akan menjadi orang biasa yang tidak mempunyai tujuan hidup, dan di mata Tuhan, kita tak lebih dari domba yang terhilang.

Lalu sebagai tubuh, apa sebenarnya yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki oleh Kepala? 

Kolose 1:24-29
Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat. Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu, yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

Paulus menjawab pertanyaan kita dengan pernyataannya kepada jemaat di Kolose, yaitu sebagai tubuh-Nya, dia ingin menjadi pelayan dan memberitakan Firman Tuhan kepada semua orang. Terlebih lagi dia juga meyakinkan bahwa Kristus berada di tengah-tengah kita, dan Dia adalah pengharapan akan kemuliaan untuk mencapai kesempurnaan dalam Kristus.

Lalu bagaimana dengan kita? Apakah kita mau berintegrasi dengan Kristus ataukah kita hanya mau menjadi manusia yang tidak punya tujuan hidup dan menjadi bongkahan yang tidak berguna? Semua adalah pilihan kita.

"Tanpa tujuan hidup sama saja dengan bertujuan untuk menjadi tidak berguna"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar