Senin, 09 Juni 2014

Ucapan yang Berkuasa



Kali ini saya hanya ingin sharing hal unik dalam hidup saya, semoga memberkati.

Beberapa hari yang lalu saya mengalami hal yang aneh, tiba-tiba mouse pada komputer saya tidak berfungsi. Device mouse tidak terdeteksi, padahal mouse dalam keadaan normal, dan dapat digunakan di komputer lain, begitu pula dengan USB port pada komputer saya, semua normal. Komputer telah saya restart berkali-kali, saya juga mencoba install device mouse saya, tapi semua tidak ada hasil. Saya sempat menanyakan pada beberapa tempat service komputer, mereka tidak tahu penyebabnya, dan menyarankan saya untuk format ulang system komputer saya. Saat itu saya mengurungkan niat saya untuk melakukannya, sebab masih banyak data yang belum saya backup. Sore harinya saya ke gereja, dan mendengar Firman Tuhan tentang kuasa dari ucapan kita bila disertai dengan iman. Saya sudah sering mendengar Firman seperti ini, yang mampu menyembuhkan orang sakit dengan ucapan, mengusir iblis dengan ucapan, dan lain-lain. Tapi saat itu saya berpikir lain, yaitu komputer saya juga sedang sakit, kenapa tidak saya doakan saja. Dengan tanpa ragu, saya doakan komputer saya, karena saya percaya bahwa Tuhan tidak hanya berkuasa menyembuhkan manusia, tetapi juga benda mati sekalipun. Keesokan harinya saat saya hendak menyalakan komputer, saya hanya pasrah, dan berniat untuk membackup data di komputer saya. Tiba-tiba saat saya menyalakan komputer, muncul tulisan "new device has been installed". Spontan saya menggerakkan mouse, dan Puji Tuhan semua berfungsi normal, dan hingga saat ini tidak ada masalah.

Mulut kita adalah suatu alat yang mampu melakukan segala hal. Mulai dari memberkati, bernubuat, bersaksi, memberikan pujian, dan mengusir iblis sekalipun. Namun sesuatu yang bahaya dari mulut kita adalah ketika ucapan kita bukanlah berasal dari Tuhan, melainkan dari dunia. Ucapan kita akan penuh dengan dusta, gosip, mengumpat, bahkan kutukan. Tuhan Yesus pernah mengucapkan dengan tegas bahwa kita harus berhati-hati dengan ucapan kita. Bahkan Tuhan Yesus menyebutkan bahwa kenajisan datang dari ucapan kita. 

Matius 15:11
Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.

Yakobus juga mengungkapkan hal yang sama tentang lidah atau ucapan, yaitu lidah berkuasa untuk melakukan perkara-perkara besar. 

Yakobus 3:5
Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.

Yakobus 3:9-10
Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.

Dari mulut yang sama tidak benar apabila keluar berkat dan kutuk. Maka dari itu, kita harus memilih, apakah yang mau keluar dari mulut kita. Apakah kata-kata yang menjatuhkan atau kata-kata yang membangun.

Untuk memiliki ucapan yang positif, tentu saja kita harus selalu dekat dengan Tuhan, katakanlah Firman Tuhan agar Firman tersebut selalu hidup dalam setiap ucapan kita. Selalu pikirkan segala yang kita ucapkan, apakah hal itu akan menyakiti orang lain, menjadi batu sandungan, ataukah justru mampu mendatangkan berkat bagi orang lain? Selalu seleksi perkataan kita, niscaya perkataan kita tidak akan pernah sia-sia. Ucapkanlah segala sesuatu seakan-akan kita berbicara kepada Tuhan, dan Tuhan akan selalu mendengar apa yang kita ucapkan. Dan Tuhan akan selalu berada di dekat kita untuk memberikan kuasa atas ucapan kita.

"Ucapan bagaikan pedang bermata dua yang mampu mengutuk
dan memberkati diri sendiri dan orang lain"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar