Senin, 09 Juni 2014

Dosa yang Disengaja



Sebagai manusia seringkali kita jatuh bangun dari dalam dosa. Pada saat tertentu kita merasa kuat dalam iman kita, tetapi pada saat lain kita merasa bahwa godaan dan hawa nafsu duniawi begitu menggoyahkan kita. Saat kita akhirnya masuk ke dalam dosa itu, barulah kita sadar bahwa kita salah.

Baru saja saya membaca sebuah kisah tentang anak kecil yang senang mengendarai mobil mainan di dalam pekarangan rumahnya. Anak kecil ini diperingatkan oleh ayahnya agar tidak keluar halaman rumah, sebab akan berbahaya bila ada kendaraan yang lewat pada saat itu. Tetapi anak kecil ini begitu ingin keluar dari rumahnya, dan dia berfikir bahwa "sekali ini saja" tidak akan terjadi apa-apa. Tepat saat dia mengendarai mobil mainannya keluar dari halaman rumah, spontan anak ini kaget karena mendengar suara rem mobil di sampingnya. Ternyata ada mobil yang mengerem mendadak agar tidak menabrak anak kecil ini.

Mungkin kita berpikir bahwa anak ini nakal, tapi sadarkah kita bahwa kita juga sering melakukan hal yang sama. Kita sering merasa bahwa untuk "sekali ini saja" kita boleh melanggar perintah Bapa kita, dan tidak akan terjadi apa-apa. Padahal bahaya dari dosa sudah menunggu kita di luar sana.

Psalms 19:13
Keep your servant also from willful sins; may they not rule over me.

Mzm 19:13 (19-14) - bahasa Indonesia sehari-hari
Jauhkanlah aku dari dosa yang disengaja, jangan biarkan aku dikuasai olehnya.

Dalam ayat tersebut terlihat bahwa Daud juga menyadari bahwa dosa yang disengaja merupakan hal yang berbahaya. Daud adalah orang yang mengetahu apa yang disukai dan tidak disukai Tuhan, tetapi dia juga pernah jatuh ke dalam dosa. Hal inilah yang membuat Daud sadar bahwa sebagai orang percaya, kita harus menjauhi dosa-dosa yang disengaja. 

Dunia memang nikmat dan menawarkan kepuasan yang luar biasa, tapi ingatlah bahwa itu semua hanyalah sesuatu yang semu. Wajar sebagai manusia yang dipenuhi daging, kita jatuh ke dalam dosa. Tetapi tidak wajar bagi manusa yang sudah lahir baru, bila kita jatuh ke dalam dosa yang disengaja.

1 Korintus 10:13b
Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Bapa kita selalu menjaga kita saat ada godaan datang, jangan biarkan dosa menguasai kita. Jangan keluar dari jalan yang ditentukan Bapa, maka kita dapat melawan godaan itu.

"Godaan bisa datang kapan saja, tetapi jangan puaskan keinginannya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar